Mazda Kembangkan Mesin Rotari Rendah Emisi

Sumber : Mazda Motor Corp. | Author : –

Mesin rotori atau Wankel Mazda dikembangkan lagi untuk memenuhi standar konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang global

Hiroshima, KompasOtomotif — Mazda tetap mempertahankan mesin legendarisnya, yaitu rotari atau Wankel, dan akan memperbarui beberapa produk masa depannya. Paling tidak, itulah makna yang muncul dari keinginan Mitsuo Hitomi, General Manager Pengembangan Mesin Penggerak Mazda.

Pengembangan terus dilakukan untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih rendah. Tujuannya, membuktikan mesin rotari bisa lolos uji standar emisi. “Kami memperoleh solusi untuk menciptakan mesin rotari yang efisien, setara dengan mesin piston bolak-balik. Kami tak sabar untuk segera menghadirkannya kembali ke pasar,” ungkap Hitomi, dikutip Ward’s Auto.

Perubahan yang dilakukan adalah penggantian bahan untuk rumah troikoid (troichoid housing) dan sil puncak (apex seal) di ujung piston yang berbentuk segitiga. Diharapkan, penggantian material yang lebih baik bisa mengirit bahan bakar dan emisi yang lebih rendah. Sebelumnya, mesin rotari terkenal “doyan minum” karena apex seal yang dibuat dari teflon harus dibasahi dengan bensin agar tidak lumer.

Kondisi tersebut menyebabkan mesin rotari tidak bisa memenuhi persyaratan konsumsi BBM dan kadar gas buang. “Diharapkan, bahan baru tersebut bisa memberikan hasil positif,” urai Hitomi. Ditambah lagi, sistem pengapian yang disesuaikan untuk mengimbangi kinerja mesin.

Mazda melihat peluang, mesin rotari dikawinkan dengan teknologi SkyActive dan motor listrik. Diharapkan, mesin ini akan menjadi sumber tenaga utama RX-9 atau RX-7 EREV.

How The Rotary Engine work

 

By Nurwidodo Estu Aji

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s