PRAKTEK GENERAL ENGINE
SISTEM REM
(Rem Tromol Tipe Leading Trailing Shoe)
PTM OTOMOTIF REG. IIA
IKIP VETERAN SEMARANG
Kelompok :
- Ardi Kristianto
- M. Kahlil Gibran
- Nurwidodo Estu Aji
- Fravarta Riza
- Puguh Satria Wijaya
- Putro Nugroho
I. Tujuan Praktek
- Memahami konstruksi dan jenis rem tromol
- Mengetahui komponen-komponen rem tromol
- Memahami fungsi tiap komponen rem tromol
- Memahami cara kerja rem tromol
- Menidentifikasi kerusakan pada sistem rem tromol
II. Keselamatan dan Keamanan Kerja
- Membaca dan memahami panduan kerja
- Mematuhi prosedur langkah kerja
- Mengunakan alat sesuai fungsinya
- Memakai perangkat keamanan
- Menjaga keamanan tempat kerja
III. KOMPONEN REM
1. Tromol Rem
2. Backing plate
3. Sepatu rem
4. Pegas pembalik
5. Pegas penahan sepatu, mangkuk dan pen.
IV. LANGKAH PRAKTEK
PELEPASAN REM TROMOL
1. LEPAS RODA
2. LEPAS TROMOL REM
3. LEPAS PEGAS PEMBALIK
4. LEPAS SEPATU REM
- Menggunakan SST, lepas pegas penahan sepatu atas, dua mangkuk dan pen. Kemudian lepas sepatu rem.
2. BERSIHKAN PELAPIS SEPATU DAN BAGIAN DALAM TROMOL MENGGUNAKAN KERTAS AMPLAS
3. UKUR PELAPIS SEPATU REM (KAMPAS REM)
- Bila ketebalan kampas kurang dari nilai minimum atau terlihat tanda keausan yang tidak merata, gantilah sepatu rem.
Ketebalan minimum : 1,0 mm (0,039 in).
Ketebalan standar : 6,0 mm (0,236 in).
4. UKUR DIAMETER DALAM TROMOL REM
Diameter maksimum : 230,6 mm (9,079 in).
Diameter standar : 228,6 mm (9,000 in).
- Bila tromol rem tergores atau aus, tromol rem dibubut sampai pada batas diameter maksimum.
Hasil : Ketebalan kampas dan diameter tromol masih dalam kondisi Standar/baik.
5. PERIKSA PERSINGGUNGAN PELAPIS SEPATU DAN TROMOL REM.
- Bila permukaan gesek antara pelapis sepatu dan tromol rem tidak baik, gerindalah pelapis sepatu atau ganti rakitan sepatu rem.
Trimakasih atas tips dan trik ny sngat bermanfaat sekal .
suwon mas doel. hee, ,sangat bermanfa’at